Wednesday, March 19, 2008

“Satu Pekerjaan memberikan banyak makna”

Pekerjaan itu memang hal yang penting di dalam kehidupan setiap manusia. Ada berbagai macam pekerjaan di dunia ini. Ada pekerjaan yang memiliki nilai yang tinggi, bahkan ada pula pekerjaan yang memiliki nilai yang rendah, seperti misalnya pekerjaan yang terkadang bisa dipandang sebelah mata oleh sebagaian orang. Tetapi saya tidak pernah melihat atau membanding bandingkan pekerjaan dari nilainya. Saya selalu melihat pekerjaan dari segi cara kerjanya. Dan saya sudah membuktikannya dan melakukannya sendiri. Kurang lebih 2 tahun yang lalu, saya sedang libur kuliah, dan kebetulan bisa dibilang saya termasuk penggemar makanan cepat saji yaitu MC Donalds. Saat itu saya sedang berkumpul sambil menikmati makanan di MC Donalds bersama teman dekat saya. Entah mengapa tiba tiba terlintas di pikiran saya , tertarik dan ingin mengetahui seperti apa yah rasanya jadi waitress atau jadi Junior manager di MC Donalds itu. Kemudian saya lontarkan pemikiran itu kepada teman saya. “gimana yah rasanya kerja di MC Donalds?” Kenapa yah ngga kita coba untuk ngelamar di MC Donalds?, khan lumayan mumpung lagi libur??” wah ternyata teman saya juga tertarik dengan ajakan saya.



Akhirnya keesokan harinya saya memberanikan diri melamar dan alhasil dalam kurun waktu yang singkat saya dan teman saya itu langsung diterima dan bisa bekerja di MC Donalds. Selama saya bekerja di MC Donalds kurang lebih hanya 1 bulan saja. Ternyata banyak sekali manfaat dan hikmah yang saya dapatkan. Saya juga dapat belajar dari pekerjaan yang telah saya jalankan sebagai waitress dan Junior manager di MC Donalds. Seperti misalnya bahwa setelah saya merasakan bekerja di MC Donalds, saya bisa lebih menghargai uang, karena saya tau bagaimana susahnya mencari uang. Mungkin kalau buat saya pribadi uang hasil kerja saya di MC Donalds tidak seberapa, tapi buat sebagaian orang nilai uang itu sangat tinggi harganya. Saya juga bisa memposisikan diri saya untuk bergaul dengan orang dari kalangan mana saja, tidak harus membedakan status sosialnya. Sangat melelahkan memang bekerja di MC Donalds, kegiatan yang tidak biasa saya kerjakan di rumah, tetapi saya harus dan wajib mengerjakannya sebagai pegawai di MC Donalds. Contohnya seperti memasak, menyapu, membersihkan ruangan di MC Donalds dan masih banyak lagi. Hal itu sempat membuat saya malas untuk melanjutkannya lagi, tetapi saya selalu ingin terus mencoba dan merasakannya. Walaupun saya akhirnya hanya bertahan 1 bulan. Saya tidak merasa menyesal atau malu melakukan pekerjaan sebagai waittress, tapi itu merupakan suatu kebanggaan buat saya. Dan juga menyadarkan saya akan banyak hal. Seperti contohnya saya harus banyak bersyukur kepada Allah s.w.t atas apa yang telah diberikannya kepada kehidupan saya dan keluarga saya saat ini, ternyata masih banyak lagi orang yang kurang beruntung di dunia ini. Setelah saya melihat dan terjun langsung ke dunia pekerjaan sebagai waitress tersebut saya juga bisa menimbulkan aura yang positif dalam diri saya, seperti misalnya saya tidak menjadi orang yang suka mengeluh lagi karena mengeluh hanya dapat menambah masalah, bukan menyelesaikan masalah, menambah wawasan buat saya. Saya juga dapat menyimpulkan bahwa apabila kita yakin dan terus berusaha dengan kerja keras dari hal yang paling kecil. Saya yakin apa yang kita inginkan akan tercapai. Asalkan kita melakukannya dengan tulus, ikhlas dan kerja keras. Tuhan itu maha adil. Semua hal yang kita lakukan dengan kerja keras insyaallah akan berhasil dan hasilnya akan memuaskan, dan tidak akan sia sia.

3 comments:

-uKie- said...

Wahhh...ga nyangka ya lo pernah kerja jadi waitress juga, gw aja belum pernah :D. Syukurlah kalo pengalaman lo itu bisa dijadiin pelajaran buat lo, buat gw dan mungkin buat orang lain. Btw, selamat ya atas blog nya. Ditunggu tulisan berikutnya...:)

Amrie Hakim said...

pengalaman yang sangat berharga. menjadi waitress mungkin bisa mengajarkan kita untuk lebih menghargai orang yang pekerjaannya sering dipandang sebelah mata seperti tukang sapu jalanan, penjaga tiket parkir di mal2, tukang sampah, dan tukang2 yang lain. kita mungkin setuju bahwa pekerjaan yang paling mulia di dunia ini adalah setiap pekerjaan yang paling bermanfaat bagi banyak orang. kita ga bisa bayangin kalo semua orang maunya dilayani dan tidak mau melayani, dan kita hampir ga bisa hidup kalo ga ada tukang sampah yang ngebersihin sampah2 di rumah kita.

nice post, tiara jan.

dasiLia said...

ember....setuju Mas Amrie.... :)